Forum Kajian Ilmiah KRISTAL (FORKIS) #1

Sociology and Antropology National Essay Competition (UNNES)



Tema: Optimalisasi Peran Pemuda dalam Revitalisasi Kearifan Lokal Berbaris Iptek untuk Mencapai Sustainable Development Goals 2030 


Revitalisasi dalam KBBI berarti proses, cara, perbuatan menghidupkan atau menggiatkan kembali. Penguatan peran pemuda melalui berbagai kearifan lokal yang dimiliki bangsa Indonesa perlu mendapatkan perhatian khusus. Melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai media distribusi, diharapkan mampu mencapai Sustainable Development Golas 2030. Selain itu, diharapkan juga mampu mencapai kualitas peradaban bangsa yang optimal di masa depan sebagai aset pembangunan bangsa dalam berbagai bidang yang mencakup seluruh aspek dimulai dari ekonomi, sosial, seni budaya, lingkungan, kesehatan, pendidikan, hingga ruang lingkup teknologi dengan tujuan meningkatkan taraf hidup dan memajukan peradaban bangsa yang unggul mandiri dan cendekia sehingga dapat berkompeten pada persaingan global di masa depan yang semakin ketat.

Sudah menjadi kodratnya bahwa manusia tidak terlepas dari kebutuhan yang menuntut untuk dicukupi, salah satunya masalah ekonomi. Permasalahan dalam ekonomi yaitu terbatasnya sumber daya pemuas kebutuhan dan tidak terbatasnya kebutuhan manusia dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita dituntut dan ditekankan untuk bersikap kritis, realistis, dan rasional dalam mengolah sumber daya pemuas kebutuhan agar dapat memenuhi kebutuhan secara tepat guna dan tepat sasaran. Pada akhirnya, kebutuhan dapat tercukupi secara optimal sebagai aspek penunjang kemakmuran hidup. Pembangunan dari sektor ekonomi dapat berupa pembangunan yang dapat meningkatkan dan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Saat ini, masih banyak permasalahan dari sektor ekonomi yang harus dibenahi. Seperti kemiskinan, pembangunan yang belum merata, jumlah indutri kreatif yang masih minim, kurangnya sosialisasi investasi di dalam masyarakat pelosok, kesempatan dan lapangan kerja yang masih sedikit, jumlah pengangguran yang masih besar, kesenjangan penghasilan antar-masyarakat, kesadaran membayar pajak yang masih minim, jumlah pariwisata yang masih belum dioptimalkan, serta masih banyak lagi permasalahan ekonomi yang masih menjadi PR besar untuk mencapai negara SDGs 2030.

Selain dari aspek ekonomi, pengoptimalan pada sektor sosial juga menjadi PR besar pemerintah untuk mncapai SDGs 2030. Hingga saat ini masih banyak permasalahan yang menyangkut aspek sosial, seperti permasalahan konflik etnik, perilaku remaja yang menyimpang, permasalahan korupsi yang membudaya, persebaran penduduk yang belum merata, semakin banyaknya pungutan liar, kemacetan kota, dan permasalahan lainnya. Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari berbagai latar belakang suku dan juga budaya yang beranekaragam. Indonesia sendiri dikenal dengan kekayaan seni budaya yang unik dan khas seperti wayang, reog ponorogo, jatilan, debus dan lain lain. Sudah semestinya kita sebagai generasi penerus bangsa wajib untuk menjaga dan melestarikan warisan leluhur bangsa agar tidak dicuri ataupun diklaim oleh negara tetangga, karena kurang adanya rasa cinta terhadap budaya bangsa sebagai warisan leluhur bangsa. Permasalahan yang kita hadapi saat ini adalah bagaimana cara yang tepat untuk menumbuhkan rasa cinta para generasi muda terhadap budaya bangsa yang kian terkikis oleh kemajuan zaman.

Berfokus pada pengoptimalan di sektor pendidikan erat kaitannya dalam optimalisasi sumber daya manusia. Pendidikan merupakan dasar untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Faktor sumber daya manusia yang kurang berkualitas akan berdampak besar dalam pencapaian SDGs di sektor lainnya. Adapun cakupan bahasan dalam sektor pendidikan seperti, peningkatan pemerataan kesempatan belajar, peningkatkan pendidikan berkarakter, inovasi pendidikan yang mengedepankan softskill, pembangunan akses pendidikan yang merata, peningkatan mutu pendidikan, pengoptimalan relevansi pendidikan, pengoptimalan efisiensi pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pendidik, jumlah angka putus sekolah yang masih tinggi, dan berbagai bahasan mengenai pengoptimalan pembangunan dari sektor pendidikan lainnya. Pendidikan merupakan investasi kemajuan peradaban bangsa. Melalui pendidikan genersi muda sebagai aset pembangunan bangsa tercerdaskan, terbentuk pola pikir kritis dan juga menumbuhkan sikap humanis dan berintegritas sebagai nilai-nilai fundamental penunjang pembangunan masa depan bangsa. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan tiga strategi pengembangan pendidikan. Pertama adalah adanya pengembangan pendidik. Berdasarkan survey, ilmu dan pengetahuan akan lebih mudah ditangkap oleh mahasiswa tergantung dari faktor pendidiknya. Dengan demikian, menjadi pendidik inspiratif akan menjadi hal yang dinantikan. Kedua yaitu memperkuat peran orang tua mahasiwa, karena orang tua adalah pendidik terpenting yang paling tak tersiapkan. Orang tua sebagai agen pembentukan karakter anak yang harus terlibat dalam proses pendidikan. Ketiga yaitu melibatkan mahasiswa sebagai upaya menciptakan suasana menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar yang bukan menginstalisasi materi kepada mahasiswa, melainkan menumbuhkan seluruh potensi yang ada pada diri mahasiswa.

Hal yang tidak bisa kita hindari selanjutnya yaitu terkait perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan teknologi ini sebagai sarana komunikasi dan aspek penunjang dalam berbagai sektor pembangunan bangsa secara menyeluruh. Kita sebagai generasi muda ditekankan untuk mampu mengolah, menggunakan, dan memanfaatkan kemajuan teknologi agar dapat berkompetisi pada persaingan global yang tidak lepas peran dari penggunaan teknologi. Pembangunan dari sektor teknologi dapat berupa inovasi teknologi yang efektif dan efisien serta dapat dipergunakan dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan di Indonesia. Seperti, inovasi teknologi dalam bidang pertanian, inovasi teknologi dalam bidang industri, inovasi teknologi dalam bidang perekonomian, inovasi teknologi dalam bidang sosial budaya, inovasi teknologi dalam bidang kemaritiman, inovasi teknologi dalam bidang pendidikan, inovasi teknologi dalam bidang pariwisata, inovasi teknologi dalam bidang infrastruktur, dan inovasi teknologi lainnya.


FORMASI - UKMF Penelitian KRISTAL 2018
#BersatuKitaBisa

Komentar

  1. Untuk bukti pencairan W / A: +6281617538564
    Nama ******* Neni Syahir
    kota: ******** Bandung
    jumlah pinjaman: ****** Rp5,5 miliar
    suku bunga: ******* 1%
    @Twitter ikuti sekarang: *********** @AasimahaLoan

    Saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. Saya tidak tahan lagi. 4 November 2019, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI PERUSAHAAN PINJAMAN, yang akhirnya membantu saya dengan pinjaman besar untuk membayar hutang bank saya. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu-ibu Muslim yang memberikan perusahaan pinjaman besar milik sendiri, pemilik pabrik dan individu pribadi untuk meningkatkan kehidupan dan bisnis mereka. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia. Jika Anda menginginkan pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka. Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammer di blog ini yang tidak memiliki situs web di Google map. perusahaan pinjaman resmi AASIMAHA ADILA AHMED LOAN memberi saya pinjaman Rp5,5 miliar dengan tingkat bunga sangat rendah untuk 1% seiring pinjaman jangka panjang dengan persetujuan cepat dan pencairan darurat. Jika Anda menginginkan kapita investasi yang besar dan Anda ingin membayar hutang Anda, segera terapkan dan berbahagia seperti banyak orang di sini.
                                          Batas aplikasi di bawah ini

    E-mail: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: ************ + 447723553516
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com

    BalasHapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama saya Sri Muji Astuti. Saya seorang pemilik bisnis yang menjual kosmetik dan pakaian. Untuk sementara, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang dapat saya pinjam untuk menumbuhkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 24 juta karena saya mengajukan 800 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

    Jadi, suatu hari saya dengan setia membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh Yeyes Ristintares, seorang wanita bisnis besar dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Ms. Helen Wilson bekerja.

    Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Yeyes Ristintares dan saya menceritakan kisah saya kepadanya tentang bagaimana saya kehilangan 24 juta dari pemberi pinjaman yang buruk. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. Dia mengirimi saya emailnya dan saya mengiriminya email untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia membalas saya dan mengatakan saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Ny. Helen Wilson bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk membagikan kabar baik saya sehingga orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

    Jadi saya menghubungi Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) dan dengan nomor WA-nya: +1-585-326-2165. Ini adalah email Yeyes Ristintares: (yristintares@gmail.com) yang saya hubungi.
    Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan segala sesuatu yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
    jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya kepada siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk. Hubungi saya melalui email saya: srimujiastuti93@gmail.com

    Saya berdoa agar ALLAH akan memberikan mereka yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya sehingga mereka dapat diselamatkan seperti saya. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang saya jatuh ke tangan pencuri.

    BalasHapus
  4. Notis!! Notis!! Notis!!

    Adakah anda ingin membiayai semula perniagaan anda? Adakah anda memerlukan pinjaman Dalam Talian yang tulen untuk mendapatkan Bil anda? Memulakan perniagaan baru? Adakah anda memerlukan pinjaman peribadi? atau Pinjaman Perniagaan, Mohon pinjaman cepat dan mudah untuk memulakan pembiayaan baharu projek anda pada kadar faedah termurah 1.5%. Hubungi kami melalui e-mel:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


    PERKHIDMATAN KAMI

    * Pinjaman Rumah
    * Pinjaman Kenderaan
    * Pinjaman Gadai Janji
    * Pinjaman Perniagaan
    * Kenderaan Kewangan
    * Pinjaman peribadi

    Adakah anda memerlukan sejumlah besar modal untuk memulakan cadangan atau pengembangan perniagaan anda? Adakah bank atau broker menolak Permohonan Pinjaman kerana Skor Kredit Rendah atau Kekurangan Cagaran? Jangan teragak-agak untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama perniagaan. Kami menawarkan perkhidmatan pinjaman terjamin untuk kedua-dua warganegara dan bukan warganegara.

    Hubungi kami hari ini melalui e-mel: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANNIVERSARY ke 8

KRISTAL SUKSES MEWADAHI INOVASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA INDONESIA