KONTEN PRODUKTIF: Tips and Tricks Mengikuti Lomba Debat

Halo, Sobat Penalaran!

Jumpa lagi dengan artikel Konten Produktif KRISTAL!

Kali ini, KRISTAL akan membagikan tips and tricks menarik yang dapat teman-teman gunakan dalam kompetisi debat mahasiswa. Yukk, simak tips and tricks yang keren ini!



Tips dan Trik Mengikuti Lomba Debat

1. Persiapkan diri

Siapkan diri kalian dengan membaca persyaratan lomba dan mulai mencari gambaran mengenai materi atau topik yang akan di lombakan. Biasanya tema debat tertera pada pamflet lomba.

2. Carilah sumber refrensi sebanyak mungkin

Supaya lebih mantap dan lengkap dalam berargumen carilah bacaan-bacaan terkait topik yang berkaitan dengan tema lomba debat. Baik dari media cetak maupun media online (diutamakan dari sumber yang valid).

3. Berdiskusi dengan teman

Setelah mencari dan mengumpulkan sumber refrensi, selanjutnya kita bisa menjadikannya sebagai bahan diskusi dalam lingkar pertemanan kita. Hal ini supaya kita dapat mengetahui sudut pandang orang lain baik untuk menambah sudut pandang lain maupun persiapan menyanggah pendapat orang lain tersebut.

4. Buatlah catatan

Setelah mencari sumber refrensi dan berdiskusi dengan teman. Catatlah hasilnya dan susun sedemikian rupa supaya lebih mudah untuk dipahami.

5. Berlatih Terus menerus

Berlatihlah dengan hasil catatan yang telah dibuat kemudian disampaikan secara terstruktur. Mintalah teman atau sanak saudara untuk memberikan masukan. Atau bisa juga berlatih dengan menyampaikan argumen di depan kaca.

6. Siapkan mental dan berdoa

Meskipun sudah menyiapkan materi, beridiskusi dengan taman, dan membuat catatat. Kita tidak bisa benar-benar siap jika kita sendiri pun masih takut, gugup, atau tidak percaya diri. Maka dari itu, di malam sebelum lomba, ada baiknya kita menenangkan diri dengan membaca, menonton, atau membicarakan hal-hal yang bukan tentang kompetisi.  Dan yang tak kalah penting jangan lupa berdoa, karena sebagai manusia kita hanya bisa merencanakan. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLEMIK PROGRAM STUDENT LOAN

Pengumuman DIEN 2018

DIKMA#1 UTANG INDONESIA MELONJAK, PERLUKAH KITA KHAWATIR?