KONTEN PRODUKTIF: TIPS and TRIK Mencari Ide Ala Rizki Oktavianto

    Siapa sih Rizki Oktavianto itu? Rizki Oktavianto atau yang sering dipanggil Mas Iik ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2018 yang berkesempatan meraih peringkat 1 Mahasiswa Berprestasi FE UNY 2021 Program Sarjana. Mas Iik adalah alumni UKMF Penelitian KRISTAL yang sekarang menjadi bagian dari keluarga besar DPO KRISTAL 2021. Mas Iik juga pernah menjuarai berbagai macam ajang perlombaan, salah satunya yaitu Juara 1 LKTI Annual Conference of Economics Forum (ALCOFE) Universitas Sebelas Maret Surakarta 2020.

    Pernah engga sih kalian mengalami keadaan stuck di mana kalian sulit untuk menemukan sebuah ide? Lalu apa saja sih tips and tricks untuk memunculkan ide-ide kreatif menurut Mas Iik? Yukk kita simak! 

1.       Menyesuaikan ide dengan sub tema yang dipilih

Misalnya, sub tema adalah ekonomi, maka contoh idenya dapat berupa langkah-langkah menghidupkan perekonomian di masa pandemi.

2.       Pastikan ide yang diajukan sesuai dengan latar belakang pendidikan penulis

Pastikan ide yang diusung harus sesuai dengan background pendidikan penulis, jangan sampai lintas bidang ilmu. Dalam hal ini, penulis harus punya peran dalam ide yang dibuat.

3.       Mengamati permasalahan global yang sedang terjadi

Cari tahu permasalahan yang terjadi di masyarakat, amati solusi yang sudah ada. Amati kekurangan dan kelebihan dari solusi yang sudah ada. Kembangkan solusi tersebut.

4.       Prinsip ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi)

5.       Mengumpulkan ide dari diri sendiri dan diskusi dengan orang lain

6.       Pilih partner diskusi yang memiliki kapabilitas yang baik

7.       Perbanyak kosnusltasi dengan dosen

8.       Rajin mencari jurnal nasional dan internasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengumuman DIEN 2018

POLEMIK PROGRAM STUDENT LOAN

DIKMA#1 UTANG INDONESIA MELONJAK, PERLUKAH KITA KHAWATIR?