KDP (Kristal Development Program) II

 



Salah satu dari lima progam kerja dari Departemen P2KI (Pengembangan Penulisan Keativitas Ilmiah) adalah KRISTAL Development Program (KDP). KDP merupakan suatu bentuk kegiatan pelatihan internal pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah yang dimaksud di sini yaitu esai, business plan, dan karya tulis ilmiah itu sendiri.

KDP pada tahun ini dilakukan sebanyak 2 (dua) kali. Yaitu KDP I yang telah terselenggara pada tanggal 29 Februari 2020 di ruang Ramah Tamah FE UNY dengan rangkaian kegiatan meliputi penyampaian materi oleh narasumber di bidang keahliannya serta pembentukan kelompok yang ditujukan untuk mengikuti perlombaan. Sementara KDP II yang pada rencana awalnya akan dilaksanakan 2 minggu setelah KDP I , pada akhirnya harus diundur dikarenakan pandemi yang mulai menyeruak.

KDP II yang merupakan bentuk follow up dari KDP I kemudian dilaksanakan secara virtual via Whatsapp Group. KDP II sendiri terdiri dari dua sesi. KDP II #1 dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Maret 2020 dengan agenda presentasi ide oleh  kelompok 1-6 business plan dan kelompok 1-4 karya tulis ilmiah. Lalu untuk KDP II #2 dilaksanakan pada tanggal 29 maret,  dengan kelompok yang presentasi yaitu kelompok 5-7 karya tulis ilmiah dan kelompok 1-8 esai.

KDP II ini terlaksana selama kurang lebih 3 jam. Dengan setiap kelompok mendapatkan waktu untuk presentasi selama 5 menit yang dilanjutkan dengan sesi tanggapan selama 12 menit. Sesi tanggapan dapat berupa pertanyaan, pemberian saran/pendapat, dan dukugan kepada kelomok yang sedang presentasi. Maka dari itu, sesi tanggapan memang disengaja diberikan waktu lebih lama dikarenakan sesi ini merupakan sesi yang penting bagi setiap kelompok untuk mengetahui apa yang dipikirkan teman-teman saat mendengar ide yang mereka angkat.

Dengan terelenggaranya KDP ini, diharapkan seluruh pengurus UKMF Penelitian KRISTAL mampu meng-upgrade wawasan dan pengetahuan dalam bidang kepenulisan, terutama dibidang esai, business plan, dan karya tulis ilmiah. Diharapkan pula untuk mampu mengaplikasikannya dalam kompetisi ilmiah baik dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional.

Komentar