Jumat, 13 Maret 2020

KRISTAL Development Program (KDP) #1


   KRISTAL Development Program (KDP) merupakan suatu bentuk kegiatan pelatihan internal pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah.  Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 29 Februari 2020 di ruang Ramah Tamah FE UNY dengan mengangkat tema “Ciptakan Kekeluargaan UKMF Penelitian KRISTAL yang Prestatif dan Humanis”. Rangkaian utama kegiatan KDP ini meliputi penyampaian materi mengenai penulisan esai, business plan, karya tulis ilmiah, dan pembentukan kelompok untuk mengikuti perlombaan. Setiap kelompok dapat mengikuti perlombaan berdasarkan pamflet yang telah dibagikan atau mencari pamflet lomba lain.
 Materi pertama mengenai esai disampaikan oleh Ogi Prayoga (Ketua UKMF Penelitian KRISTAL 2020) yang memaparkan materi mengenai pengertian esai, perbedaan esai dengan karya tulis lain, cara mencari ide berdasarkan tema pamflet lomba yang dipilih, dan cara menyusun karya esai berdasarkan panduan lomba. Materi kedua disampaikan oleh Khusnul Khotimah (Alumni UKMF Penelitian KRISTAL) yang memaparkan materi mengenai pengertian business plan, cara mencari ide business plan, tips dan trik dalam mengikuti lomba business plan dan cara menyusun proposal business plan berdasarkan panduan lomba. Materi ketiga mengenai karya tulis ilmiah disampaikan oleh Muhammad Abdurrahman Mukhlis (Alumni UKMF Penelitian KRISTAL) yang memaparkan materi mengenai pengertian karya tulis ilmiah, cara mencari ide karya tulis ilmiah berdasarkan tema dan subtema pamflet lomba yang dipilih, metode penulisan karya ilmiah, cara menyusun karya tulis ilmiah berdasarkan panduan lomba yang diberikan oleh penyelenggara lomba, serta tips dan trik dalam melakukan presentasi hasil karya tulis ilmiah.

  Rangkaian acara selanjutnya yaitu pembentukan kelompok untuk mengikuti perlombaan. Pembentukan kelompok ini disusun berdasarkan minat masing-masing pengurus UKMF Penelitian KRISTAL dalam bidang esai, business plan, dan karya tulis ilmiah. Panitia membagikan beberapa pamflet lomba dalam bidang esai, business plan, dan karya tulis ilmiah yang memiliki waktu pengumpulan karya dalam rentang waktu lama sejak terselenggaranya kegiatan ini kepada pengurus UKMF Penelitian KRISTAL. Dengan adanya KDP ini, diharapkan seluruh pengurus UKMF Penelitian KRISTAL mampu meng-upgrade wawasan dan pengetahuan dalam bidang penulisan esai, business plan, dan karya tulis ilmiah serta mampu mengaplikasikannya dalam kompetisi ilmiah baik dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-