Rabu, 09 Mei 2018

KRISTAL SUKSES MEWADAHI INOVASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA INDONESIA


KRISTAL FE UNY SUKSES MEWADAHI INOVASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA INDONESIA

       Empatrangkaian puncak acara Innovation Contest (ICON) 2018 sukses diselenggarakan oleh KRISTAL FE UNY pada 3–5 Mei 2018 lalu. Dimulai sejak Maret 2018 dalam pengumpulan paper, akhirnya KRISTAL berhasil menghadirkan 15 tim terbaik. Kelima belas tim tersebut adalah 2 tim Universitas Diponegoro, 2 tim Institut Teknologi Sepuluh November, 2 tim Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, UniversitasUdayana, Universitas Negeri Makasar, Universitas Tanjungpura, Universitas Trunojoyo, Politeknik Negeri Banyuwangi, PKN STAN, Universitas Jenderal Soedirman, dan Institut Pertanian Bogor.
       Pada Kamis (3/05) lalu, 15 tim berhasil dihadirkan dalam Technical Meeting di Ruang Ramah Tamah FE UNY untuk berdiskusi dan menghasilkan kesepakatan berupa ketentuan-ketentuan presentasi karya. Bertempat di Auditorium FE UNY, pada hari berikutnya, Jumat (4/05), kelima belas tim seru beradu intelektualitas di hadapan tiga juri, yakni Bapak Ari Akbar Devananta (MITI KM), Bapak Lukman Yoga Suryawan, S.Si (Analisis Pengembangan Program Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta), dan Bapak Ahmad Chafid Alwi, S.Pd., M.Pd (Dosen Fakultas Ekonomi).
       Rangkaian acara ICON 2018 ketiga adalah PPKTI (Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah). Mengusung tema Optimalisasi Potensi Mahasiswa Melalui Kepenulisan untuk Membentuk Insan yang Kontributif dan Prestatif, PPKTI ini menghadirkan 2 narasumber yang berpengalaman dalam bidang kepenulisan yaitu Rifaldy Fajar (Mawapres UNY 2017) dan Astika Nurwidyawati (LPDP awardee University of Edinburgh, United Kingdom). Keduanya merupakan mahasiswa dan alumni Universitas Negeri Yogyakarta. Narasumber pertama memaparkan materi mengenai kepenulisan esai lomba dan narasumber kedua memaparkan materi mengenai esai dan tips untuk mengajukan beasiswa LPDP. PPKTI ini merupakan  kelanjutan dari PPKTI pertama yang diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 2018 dan sekaligus ditutup dengan mengumumkan juara LKTIN ICON 2018 sekaligus memberikan hadiah serta penghargaan.
       Tim yang berhasil keluar menjadi juara adalah Universitas Negeri Yogyakarta dengan ketua Ria Oktaviani (Juara 1), Universitas Dipenogoro dengan ketua Fathin Syafira (Juara 2), Universitas Gadjah Mada (Juara 3), Institut Teknologi sepuluh November dengan ketua Alfian Muhammad Reza (Juara Harapan 1), PKN STAN (Juara Harapan 2), dan Universitas Udayana (Juara Harapan 3). Adapun Best Presentation berhasil diraih oleh tim dari Universitas Gadjah Mada, penghargaan Best Implementation berhasil disandang tim dari Universitas Diponogoro dan Best Poster diraih oleh PKN STAN.
       Rangkaian keempat kegiatan ICON 2018 adalah Fieldtrip. Kegiatan ini berupa kunjungan ke wisata Benteng Vredeburg dan wisata malioboro. Tentunya kegiatan ini dilakukan agar semua finalis dapat lebih mengenal wisata yang ada di Jogja dan dapat lebih dekat dengan finalis yang lain.
       Melalui rangkaian acara ICON 2018 yang berhasil dilaksanakan, harapannya mahasiswa Indonesia, baik yang mendapatkan juara maupun belum, dapat menjadi inovator muda yang menyumbangkan kontribusinya pada Indonesia melalui ide-ide kreatif dan inovatif. Sukses kepada juara-juara ICON 2018. Nantikan ICON 2019 mendatang!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-