Senin, 12 Maret 2018

KRISTAL Development Program 2018

KRISTAL Development Program (KDP) UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY 2018

Foto bersama seluruh peserta dan panitia KDP 

KRISTAL Development Program (KDP) merupakan suatu bentuk kegiatan pelatihan internal pengurus UKMF Penelitian KRISTAL dalam bidang penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah.  Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2018 di ruang ramah tamah FE UNY dengan mengangkat tema “Menggali Potensi Diri Wujudkan UKMF Penelitian KRISTAL yang Inovatif dan Prestatif”. Selain dihadiri oleh pengurus UKMF Penelitian KRISTAL tahun 2018, acara ini juga dihadiri oleh bapak Andreas Mahendra Kuncoro selaku dosen pembimbing UKMF Penelitian KRISTAL. Rangkaian utama kegiatan KDP ini meliputi penyampaian materi mengenai penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, bedah pamflet lomba esai Univeristas Negeri Jakarta (UNJ) dengan tema Inovasi Pendidikan, dilanjut dengan Forum Grub Discussion (FGD) yaitu brainstorming ide mengenai lomba esai tersebut.
Materi pertama mengenai penelitian disampaikan oleh Erna Fitriana (Wakil Ketua UKMF Penelitian KRISTAL 2017) yang memaparkan mengenai pengertian dan elemen-elemen penelitian, metode penelitian dan perbedaannya dengan metode penulisan, sharing mengenai judul-judul penelitian, tips dan trik lolos Student Union Grant (SUG) dan Penelitian Mahasiswa Fakultas Ekonomi (PMFE), serta prestasi yang pernah diraih dalam bidang penelitian. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Fajar Indra Prasetyo (Ketua UKMF Penelitian KRISTAL 2017) yang memaparkan mengenai pengertian dan elemen-elemen dalam karya tulis ilmiah, tips menggali ide yang unik dan kreatif, sharing mengenai judul-judul LKTI dan prestasi yang pernah diraih dalam bidang Karya Tulis Ilmiah, serta tips dan trik lolos LKTIN.

Penyampaian materi oleh Narasumber
Rangkaian acara selanjutnya yaitu bedah pamflet dari lomba esai yang diselenggarakan UNJ dengan tema Inovasi Pendidikan oleh departemen FORMASI (Forum Mahasiswa Ilmiah) yang dilanjut dengan Forum Grub Discussion. Dalam kegiatan FGD ini, peserta KDP yang hadir dibagi menjadi 4 kelompok, di mana setiap kelompok akan didampingi oleh seorang fasilitator. Kemudian, kelompok yang sudah ada dibagi menjadi kelompok kecil lagi beranggotakan 3 orang untuk melakukan brainstorming ide. Fasilitator akan memberikan tanggapan, masukan, dan saran terkait ide tiap kelompok. Sehingga dengan adanya KDP ini, diharapkan mampu meng-upgrade wawasan dan pengetahuan pengurus UKMF Penelitian KRISTAL dalam bidang penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah serta mampu mengaplikasikannya dalam kompetisi ilmiah baik dalam lingkup regional, nasional, maupun imternaional.

Yogyakarta, 03 Maret 2018
-Departemen P2KI-

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-