Jumat, 26 Mei 2017

KRISTAL FE UNY SUKSES MENGADU INTELEKTUALITAS MAHASISWA INDONESIA - ICON 2017

Tiga rangkaian puncak acara Innovation Contest (ICON) 2017 sukses diselenggarakan oleh KRISTAL FE UNY pada 11 – 13 Mei 2017 lalu. Dimulai sejak Maret 2017 dalam pengumpulan abstrak, akhirnya KRISTAL berhasil menghadirkan 15 tim terbaik yang berhasil lolos dari 378 tim yang berhasil dihimpun. Kelima belas tim tersebut adalah 2 tim Universitas Diponegoro, Univeritas Airlangga, 2 tim Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, 2 tim Universitas Udayana, 2 tim Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Halu Oleo serta Universitas Islam Indonesia.
        
Pada Kamis (11/05) lalu, 15 tim berhasil dihadirkan dalam Technical Meeting di Ruang Ramah Tamah FE UNY untuk berdiskusi dan menghasilkan kesepakatan berupa ketentuan-ketentuan presentasi karya. Bertempat di Auditorium FE UNY, pada hari berikutnya, Jumat (12/05), kelima belas tim seru beradu intelektualitas di hadapan tiga juri, yakni Bapak Eka Ari Wibawa, S.Pd., M.Pd., (Dosen Fakultas Ekonomi UNY), Ibu Dra. Shavitri Nurmala Dewi, M.A. (Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), dan Bapak Muhammad Adhitya Arjanggi, S.T. (Ketua MITI KM).
       
Rangkaian acara ICON 2017 ketiga adalah Seminar Nasional. Mengusung topik Sustainable Deelopment Goals (SDGs), Seminar Nasional ini menghadirkan keynote speaker dan pembicara 1 dari PT ACE Hardware Indonesia selaku sponsor utama ICON 2017, yakni Ibu Yenita MM., MBA., M.Si., MT., MH., M.Pd., MAK., ME., MIKOM., MMSI., Dr.(cand.), Ph.D.(cand.) dan Ibu Tarisa Widya Krisnadi. Kedua pembicara lain dalam Seminar Nasional yang tak kalah seru mengupas materi Sustainable Development Goals (SDGs) adalah Bapak Malik Khidir (CEO Stechoq Robotika) dan Bapak Drs. H. A. Kholiq Arif, M.Si. (Bupati Wonosobo 2005 – 2015). Dalam seminar nasional ini, berlangsung pula pemberian penghargaan kepada 22 tim terpilih sebagai ACE Indonesia’s Youth Innovator. Seminar Nasional ditutup dengan mengumumkan juara LKTIN ICON 2017 sekaligus memberikan hadiah dan penghargaan. Tim yang berhasil keluar menjadi juara adalah Universitas Negeri Yogyakarta dengan ketua R Amirur Rajif (Juara 1), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (Juara 2), Universitas Brawijaya dengan ketua Prasada Aditama Kridawan (Juara 3), Universitas Udayana dengan ketua Kadek Yardi Mahadikara (Juara Harapan 1), Universitas Padjadjaran (Juara Harapan 2), dan Universitas Negeri Yogyakarta dengan ketua Devi Lestari (Juara Harapan 3). Adapun Best Presentation berhasil diraih oleh tim dari Universitas Airlangga dan gelar Best Implementation berhasil disandang tim dari Universitas Gadjah Mada.
        
Selain ketiga rangkaian acara tersebut, KRISTAL FE UNY bekerjasama dengan PT ACE Hardware Indonesia berhasil melaksanakan Walk in Test pada Jumat dan Sabtu, 12 dan 13 Mei 2017. Tes diikuti oleh masyarakat umum maupun mahasiswa baik dari UNY maupun luar UNY. Bahkan finalis ICON 2017 juga memiliki kesempatan spesial untuk bergabung dalam tes ini secara gratis.
Melalui rangkaian acara ICON 2017 yang berhasil dilaksanakan, harapannya mahasiswa Indonesia, baik yang juara maupun yang menjadi inovator muda, dapat berkontribusi pada Indonesia melalui ide-ide kreatif dan inovatif. Sukses kepada juara-juara ICON 2017 dan ACE Indonesia’s Youth Innovator! Nantikan ICON 2018 mendatang!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-