Selasa, 28 Februari 2017

KRISTAL Development Program (KDP)

KRISTAL Development Program (KDP) merupakan sebuah kegiatan pelatihan bagi pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY yang diadakan pada awal periode kepengurusan dan telah terlaksana pada hari Sabtu, tanggal (25/02/2017) di Ruang Ramah Tamah, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam kegiatan Kristal Development Program (KDP) dengan tema “Memupuk Jiwa Kreativitas Ilmiah melalui Penulisan dan Penelitian” terdapat 4 materi yang disampaikan kepada seluruh pengurus khususnya pengurus baru UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY. Tiga materi disampaikan oleh Sekar Latri, Puspitaningsih, dan Praptiningsih selaku Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) KRISTAL FE UNY tahun 2017.





Materi yang pertama yaitu mengenai penelitian yang disampaikan oleh Saudari Sekar Latri. Materi ini menjelaskan konsep penelitian dan bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan. Materi yang kedua mengenai Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang disampaikan oleh Saudari Puspitaningsih, menjelaskan konsep Karya Tulis Ilmiah (KTI) itu sendiri, dan bagaimana cara membuat KTI yang tepat dan baik. Materi yang ketiga mengenai Esai yang disampaikan oleh Saudari Praptiningsih. Materi tersebut menjelaskan konsep dari Esai dan bagaimana cara membuat esai yang baik dan tepat. Selain penyampaian materi, ketiga pembicara pun berbagi pengalaman mereka selama dahulu menjadi pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY dan berkecimpung dalam membuat ketiga karya tersebut. Sesi tanya jawab pun menjadi kesempatan bagi pengurus baru dalam memperoleh informasi serta ilmu yang lebih banyak lagi.

Diluar pelatihan penulisan tersebut, ada pula pelatihan birokrasi yang disampaikan oleh Saudari Anindya Yuliastuti Nazria dan Nurul Khasanah selaku Sekretaris UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY 2017. Pelatihan birokrasi ini berguna agar pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY 2017 mengetahui tata cara saat berurusan dengan pihak birokrasi, baik dari segi administrasi maupun yang lainnya.

Diharapkan dengan adanya KDP ini, dapat menjadi bekal sederhana bagi pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY 2017.  
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-