Selasa, 12 April 2016

Media Club Sebagai Ajang Pengembangan Teknologi Informasi Pengurus UKMF Kristal FE UNY

Kristal merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) yang berjalan di bawah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Nama Kristal ialah singkatan dari Komunitas Riset dan Penalaran. Kristal diresmikan pada tanggal 3 Maret 2012 yang lalu sebagai UKMF yang berbasis Penelitian dan Penalaran serta Kreativitas Ilmiah. Terdapat 5 departemen di dalam UKMF Kristal, yaitu PHPI, P2KI, PSDM, HI dan Formasi. Banyak kegiatan UKMF Kristal yang sudah berjalan dengan sangat baik dan bermanfaat bagi mahasiswa FE secara luasnya. Tidak hanya untuk mahasiswa FE, kegiatan-kegiatan dari Kristal juga diselenggarakan untuk keperluan para pengurusnya itu sendiri seperti Media Club-Forkis.

Media Club merupakan program kerja dari departemen HI dengan penanggung jawab Nur Khasanah dari Pendidikan Administrasi Perkantoran (2015). Media Club ini berlangsung pada tanggal 9 April 2016 yang lalu di Ruang Ramah Tamah FE UNY. Program kerja yang ini diikuti sekitar 30 pengurus UKMF Kristal. Berjalannya program kerja ini dimaksudkan guna mengembangkan teknologi informasi untuk para pengurus UKMF Kristal itu sendiri. Dengan bimbingan ketua Departemen HI, Rina Sari dari Akuntansi (2014) program kerja ini berjalan dengan lancar. Didalam kegiatan Media Club ini terdapat 3 materi yang disampaikan. Pada kesempatan ini pula diadakan Forum Kajian Ilmiah Kristal (Forkis) dari Departemen Formasi dengan penanggung jawab Hasdiyanto (2015) dari D3 Akuntansi. Forum ini diadakan guna memberikan wawasan kepada para pengurus untuk menganalisis pamflet lomba seperti pada LKTIN KOIN UNNES.

Materi pertama pada Media Club yang disampaikan dalam kegiatan media club yaitu tentang Kesekretariatan. Pada materi ini Media Club menghadirkan pembicara dari pengurus Kristal sendiri yaitu Puspitaningsih (2013) dari Pendidikan Akuntansi selaku Sekretaris UKMF Kristal. Materi kesekretariatan yang disampaikan terkait dengan bagaimana format proposal dan LPJ. Format proposal dan LPJ disampaikan secara berurutan dengan maksud agar para pengurus lebih mengetahui bagaimana format proposal dan LPJ yang benar. Karena tidak dapat dipungkiri setiap kegiatan yang diselenggarakan pasti akan menggunakan proposal dan LPJ.

Materi kedua yaitu pelatihan tentang format dan proses pembuatan sertifikat dengan memanfaatkan CorelDRAW. Materi ini disampaikan oleh Fajar Indra Prasetyo (2014) dari Pendidikan Ekonomi. Dengan adanya pelatihan pembuatan sertifikat ini diharapkan agar pengurus dapat mempunyai keahlian dalam pembuatan sertifikat guna menunjang berbagai kegiatan yang menggunakan sertifikat

Materi terakhir yaitu mengenai pelatihan bagaimana membuat presentasi lomba dengan memanfaatkan PowerPoint agar menarik dan dapat lolos digunakan pada event-event lomba. Pada kesempatan tersebut, disampaikan beberapa contoh presentasi dan bagaimana tips dan trik dalam pembuatannya oleh salah satu Dewan Pertimbangan Organisasi UKMF Kristal yaitu Zahra Nurda’Ali 

Dengan pelatihan tersebut diharapkan para pengurus akan terbekali dengan skill presentasi yang menarik dan baik yang membantu mereka dalam berbagai kegiatan yang mengharuskan adanya presentasi menggunakan PowerPoint.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-