Punya Hobi Membaca? Banyak Manfaatnya lho..

     Membaca bagi sebagian orang adalah hobi yang membosankan, adapula yang mengatakan membaca itu melelahkan. Namun, bagi sebagian orang lainnya hobi membaca merupakan hal yang menyenangkan, selain dapat berimajinasi dari kata demi kata yang disentuhkan oleh penulis, membaca juga dapat menambah pengetahuan yang tidak kita dapat di pendidikan formal. Tahukah anda, Hobi membaca juga mempunyai manfaat lain lho, berikut manfaat lain dari membaca:

Dikutip dari Tempo.co 
Senin, 28 April 2014 | 10:54 WIB
1. Mengurangi stres
The Journal of Psychosomatic pernah membuat penelitian bahwa membaca adalah cara terbaik untuk mengurangi stres. Dr David Lewis dari University of Sussex, Inggris, mengemukakan dalam tulisannya bahwa membaca buku bahkan lebih baik dari mendengarkan musik, bermain game, atau berjalan-jalan dalam mengurangi stres. Manfaat membaca juga disejajarkan dengan olahraga dan Tai Chi yang efektif menghilangkan stres.

2. Mempertahankan daya ingat 
Menurut Para Ilmuan aktif membaca juga dapat menjaga otak dalam kerja kognitif pada usia tua. Dalam sebuah penelitian dilaporkan bahwa hampir 300 orang yang suka membaca juga memiliki tingkat kognitif 30 persen lebih baik dari yang jarang membaca. Selain itu, mereka yang aktif membaca berisiko lebih rendah mengalami pikun dibandingkan dengan yang tidak melakukan aktivitas yang melibatkan otak.  


3. Mencegah Alzheimer 
National Academy of Science, Amerika Serikat, telah melakukan studi dan menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan kemampuan kognitif secara optimal pada usia pertengahan berisiko lebih rendah menderita Alzheimer. Peneliti juga menjelaskan aktivitas kognitif, termasuk membaca dan bermain catur, merupakan latihan otak yang terbaik dalam mencegah degenerasi kognitif pada otak.

4. Membuat tidur lebih berkualitas
Jika membaca bisa membuat rileks, tidur Anda akan lebih berkualitas. Menurut data dari National Sleep Foundation, mengurangi stres saat hendak tidur dengan membaca buku yang menarik adalah teknik yang bagus.

Manfaat yang lain?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANNIVERSARY ke 8

KRISTAL SUKSES MEWADAHI INOVASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA INDONESIA