KONTEN PRODUKTIF: Cara Meningkatkan Motivasi Diri

 Halo Sobat Penalaranđź‘‹

Terkadang dalam menjalani hidup ini  kita sering mengalami kegagalan, kekecewaan, atau rasa jenuh terhadap suatu hal yang menyebabkan hilangnya motivasi. Padahal motivasi sangat penting untuk membantu kita mencapai tujuan hidup, memecahkan masalah, menghadapi tantangan, dan mengambil peluang. Oleh karena itu, kali ini Kristal akan membagikan beberapa cara meningkatkan motivasi diri dalam mencapai tujuan hidup🤗

1. Menetapkan dan menulis tujuan hidup

Tetapkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam hidup secara  jelas, spesifik, dan realistis. Kemudian, tulis tujuan tersebut dalam buku agendamu, atau pada selembar kertas dan tempelkan di dinding kamar atau ruang belajar.

Jika diperlukan, tempelkan juga kertas berisi kalimat motivasi dari tokoh-tokoh terkenal yang bisa menginspirasimu untuk terus melangkah meraih tujuan tersebut. Selain sebagai pengingat, hal ini akan membuatmu lebih semangat dan berkomitmen terhadap tujuan yang sudah kamu tetapkan.

2. Menyusun rencana dengan baik dan terarah

Buatlah rencana dan susun langkah-langkah untuk mencapai tujuan hidupmu. Kamu dapat membaginya menjadi beberapa tugas kecil atau sederhana, dengan target yang bisa dicapai dalam jangka pendek. Catat daftar tugas tersebut di buku, dan beri tanda centang pada setiap tugas yang sudah kamu kerjakan. Dengan cara ini, tujuanmu tidak akan terasa terlalu berat atau terlalu jauh untuk dicapai.

3. Atasi rasa takut terhadap kegagalan

Ketika merasa telah gagal, ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran. Setiap kali kita gagal dalam suatu hal, ada pelajaran yang dapat kita petik, agar bisa melakukannya dengan lebih baik dan menghindari kesalahan yang sama.

4. Melawan rasa takut dan ragu

Halangan terbesar seseorang ketika memotivasi diri adalah ragu dan takut. Misalnya, “Aku harus bisa!” namun beberapa saat kemudian ragu tidak bisa melakukannya. Keraguan tersebutlah yang membuat seseorang tidak dapat maju.

5. Bersikap positif

Isi hari-harimu dengan percakapan, kegiatan, atau situasi dan orang-orang yang bisa menginspirasi untuk meraih tujuan. Misalnya, mengikuti seminar, membaca buku-buku pengembangan diri dan motivasi, atau menonton konten-konten yang positif di televisi dan internet. Kemudian penuhi hati dengan rasa syukur, dan jangan selalu membandingkan dirimu dengan orang lain. Buang segala pikiran negatif serta yakinlah bahwa dirimu mampu mencapai tujuan yang sudah kamu tetapkan.

6. Fokus pada Proses

Daripada hasil, lebih baik fokus pada proses. Dengan begitu, kamu akan menghargai setiap hal yang terjadi pada dirimu. Hindari untuk berburuk sangka terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa lebih senang bekerja dan pekerjaan juga lebih mudah selesai.

7. Lakukan sesuatu dengan senang hati

Segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati bisa menjadi motivasi tersendiri. Hal ini sangat tepat untuk diterapkan sebagai kiat meningkatkan motivasi diri. Ketika seseorang mengerjakan sesuatu dengan senang hati maka pastinya akan lebih bersemangat.

8. Menyeimbangkan waktu istirahat

Sebesar apapun semangat untuk mencapai suatu target, pastikan kamu memiliki waktu untuk beristirahat yang cukup. Kurang beristirahat dapat menurunkan energi dan fokusmu dalam mencapai tujuan, selain itu juga berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Jika kondisi fisik dan pikiran sudah terlalu lelah, jangan dipaksakan. Ambil jeda waktu untuk beristirahat, sebelum kembali pada tugas-tugas dan tujuan. Mungkin ini saatnya untuk jalan-jalan dan berlibur, lalu kembali dengan semangat baru untuk menggapai impian.

9. Memberikan  Reward  dan Punishment diri sendiri

Saat berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai suatu target, hadiahi dirimu sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan, bermanfaat, dan layak kamu dapatkan. Sedangkan untuk hukuman, berikan hukuman untuk dirimu sendiri suatu hal yang tidak suka agar kamu tidak mendapatkan ‘hukuman’ tersebut kembali.

Element source: designed by Freepik and Flaticon

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POLEMIK PROGRAM STUDENT LOAN

Pengumuman DIEN 2018

KRISTAL SUKSES MEWADAHI INOVASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA INDONESIA