Sosialisasi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) FE UNY

 



            PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendikiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerja sama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

            UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY diamanahi untuk ikut turut serta dalam memperkenalkan PKM kepada rekan-rekan mahasiswa di lingkup Fakultas Ekonomi UNY. Salah satu langkah yang dilakukan agar PKM dapat dikenal lebih lanjut dan dengan baik oleh mahasiswa FE UNY adalah dengan cara diadakannya Sosialisasi PKM khusus untuk mahasiswa di setiap program studi FE UNY. Departemen PRESMA (Prestasi Mahasiswa) UKMF Penelitian KRISTAL 2020 mengemban tugas untuk menjalankan Sosialisasi PKM tersebut. Tahun ini, kegiatan Sosialisasi PKM diadakan dalam tiga kali sesi dan dilaksanakan secara daring terkait dibatasinya kegiatan sosial di tengah pandemi.

            Pada tanggal 25 Agustus 2020 telah diadakan Sosialisasi PKM sesi pertama khusus mahasiswa Prodi Akuntansi dan Manajemen dengan narasumber yaitu Muh. Izzuddin Mahali, S.Pd.T., M.Cs selaku dosen pendamping PKM dan Roni Wijayanto selaku peraih gold medal PIMNAS ke-32 Udayana Bali 2019. Sosialisasi PKM sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2020 khusus Prodi Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan narasumber yaitu Adeng Pustikaningsih, S.E., M. Si. selaku dosen pendamping PKM dan Azwan selaku finalis PIMNAS ke-32. Sesi terakhir atau sesi ketiga Sosialisasi PKM diadakan pada tanggal 30 Agustus 2020 khusus Prodi Pendidikan Ekonomi dan Diploma dengan narasumber yaitu Endra Murti Sagoro selaku dosen pendamping PKM dan Najla Ifa Mumtaza selaku juara favorit PIMNAS ke-32.

            Mahasiswa yang mengikuti Sosialisasi PKM adalah mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2019. Kegiatan tersebut diwajibkan untuk mahasiswa angkatan 2019. Kegiatan Sosialisasi PKM tersebut diadakan sebagai tahap awal pengenalan PKM kepada mahasiswa FE UNY. Pemaparan lebih lanjut dan tanya jawab seputar PKM telah terlaksana melalui tiga kali sesi Sosialisasi PKM FE UNY 2020. Setelah mengikuti Sosialisasi PKM, diharapkan mahasiswa lebih termotivasi dan lebih antusias dalam mengikuti PKM tahun ini.

Komentar