KRISTAL Debate Training (KDT) 2020


KRISTAL Debate Training (KDT) merupakan suatu bentuk kegiatan perlombaan debat internal pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2020 dengan menggunakan media daring antara lain google meet dan whatsapp group. KRISTAL Debate Training (KDT) 2020 mengangkat tema “Membangun Sikap Kritis dan Inovatif Generasi Muda dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Rangkaian kegiatan KDT 2020 ini meliputi pelaksanaan technical meeting dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2020 yang ditujukan untuk masing-masing perwakilan departemen, dilanjutkan dengan pelaksanaan KDT pada 25 Juli 2020 yang diawali dengan pemaparan materi terkait sistem lomba debat secara umum melalui google meet, dilanjutkan dengan pelaksanaan perlombaan debat melalui whatsapp group, dan pengumuman pemenang yang dilaksanakan pada 26 Juli 2020.

Technical meeting dilaksanakan pada 22 Juli 2020 membahas terkait sistem lomba debat KDT yaitu media yang digunakan adalah whatsapp group, peraturan lomba, sistem penilaian lomba, sampai tata urutan acara dalam KDT 2020. Peserta dari Technical meeting KDT 2020 merupakan peserta lomba debat dalam artian 3 orang perwakilan dari masing-masing departemen UKMF Penelitian KRISTAL.

Sementara, untuk pelaksanaan KDT 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020 diawali dengan menggunakan media google meet dengan agenda pemaparan materi seputar debat oleh Pramudya Anggar selaku DPO UKMF Penelitian KRISTAL. Materi yang disampaikan adalah kiat untuk menumbuhkan sikap berani dalam perlombaan debat, hal-hal yang harus dilakukan masing-masing pembicara debat, dan tips serta trik seputar perlombaan debat.

Pelaksanaan pemaparan materi ini diperuntukkan bagi seluruh anggota UKMF Penelitian KRISTAL. Pelaksanaan lomba debat sendiri menggunakan media whatsapp group dengan pernyataan argumen menggunakan vitur yang disediakan oleh aplikasi whatsapp yaitu menggunakan voice note. Dengan begitu seluruh anggota UKMF Penelitian KRISTAL selaku audience  bisa mendengarkan seluruh argumen dari para peserta lomba debat KDT 2020. Pelaksanaan KDT 2020 kali ini dihadiri oleh pembina UKMF Penelitian KRISTAL, Bapak Ponty SP Hutama, S.E., M.Si., Ak., CA. dan dewan juri terdiri dari Saudara Pramudya Anggar Kusuma selaku DPO UKMF Penelitian KRISTAL dan Saudari Rifda Ayu Satriana selaku DPO UKMF Penelitian KRISTAL.

Perlombaan debat KDT 2020 dimenangkan oleh departemen PI sebagai juara 1 dengan poin 20, untuk juara 2 dimenangkan oleh dua FORMASI dengan poin 18.5, sementara untuk gelar the best speaker diraih oleh Weda Romiyati dari perwakilan departemen PI.

Komentar