Kamis, 08 November 2018

OPTIMALISASI SAINS DAN TEKNOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PERAN AKTIF GENERASI MUDA MEWUJUDKAN SDGS 2030 DI INDONESIA


FORKIS #7

OPTIMALISASI SAINS DAN TEKNOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PERAN AKTIF GENERASI MUDA MEWUJUDKAN
SDGS 2030 DI INDONESIA


SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun kedepan (berlaku sejak 2016 hingga 2030), guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh Negara, tanpa kecuali negara maju, memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDGs. Berbeda dari pendahuluannya MDGs, SDGs dirancang dengan melibatkan seluruh sektor pembangunan, baik pemerintah, sektor swasta, akademisi, dan sebagainya. Kurang lebih 8,5 juta suara warga di seluruh dunia juga berkontribusi terhadap tujuan dan target SDGs (https://www.sdg2030indonesia.org/page/8-apa-itu).
Terkait dengan bidang kesehatan, Menteri Kesehatan memaparkan delapan program baru SDGs untuk pencegahan atau promosi kesehatan. Sudah ada delapan goals sebenarnya yang sudah tercapai sebelumnya, seperti prevalensi malaria, penanggulangan tuberculosis, dan akses air minum layak perkotaan. Selain itu, ada 17 indikator yang menunjukkan perkembangan positif, seperti penurunan balita kurang gizi, angka kematian ibu dan anak dan sebagainya. Kedepan, yang diharapkan goals-nya adalah meningkatkan kesejahteraan (https://m.liputan6.com/helath/read/2400205/kemkes-targetkan-8-program-baru-sdgshingga2030).
Berfokus pada lingkungan, pada tahun 2030 akan meningkatkan kualitas air dengan mengurangi polusi, menghilangkan timbunan sampah serta mengurangi pembuangan bahan kimia berbahaya, dan mengurangi hingga separuh proporsi air limbah yang tidak ditangani serta meningkatkan guna ulang dan daur ulang aman secara global (http:www.sanitasi.or.id).
Tujuan 8 mengenai kerja layak dan pertumbuhan ekonomi. Prioritas ini juga sejalan dengan tema, agenda dan tujuan pembangunan nasional dalam sektor ketenagakerjaan. Pemerintah telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk penciptaan kesempatan kerja yang lebih layak bagi semua. Tantangan di masa depan adalah mempertahankan kinerja ekonomi seraya memastikan proses pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan melalui pertumbuhan yang kaya lapangan kerja (https://www.ilo.org/jakarta/info/public/pr/WCMS_451922/lang-en).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-