Selasa, 31 Oktober 2017

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah #2




Ketika mendengar kata karya tulis ilmiah mungkin bagi mahasiswa baru masih terlalu asing, bahkan masih banyak mahasiswa yang belum mengerti maupun paham apa itu karya tulis ilmiah. Terlebih mengenai salah satu jenis karya tulis ilmiah, yakni esai. Sehingga, perlu adanya suatu pelatihan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengenal dan memahami lebih lanjut apa itu esai.
Maka dari itu, pada hari Jum’at (27/10) UKMF Penelitian KRISTAL mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (PPKTI) #2 yang mengusung tema “Membentuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi, sebagai Intelek yang Berwawasan dan Terampil Melalui Kepenulisan”. PPKTI #2 ini merupakan tindak lanjut dari PPKTI #1 yang diadakan pada bulan Maret silam. Pada PPKTI #2 ini, UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY menghadirkan 2 pembicara yaitu 1) Erna Fitriana (Mawapres S1 FE UNY, Wakil Ketua UKMF Penelitian KRISTAL) yang membahas lebih lanjut mengenai konsep esai lomba dan 2) Sariyatul Ilyana, S.Pd. (LPDP Awardee Universitas Gadjah Mada & General Manager of Generasi Cerdas Keuangan) yang membahas lebih lanjut mengenai esai beasiswa.


Peserta pada PPKTI #2 ini merupakan Mahasiswa FE UNY dan umum. Peserta diajak untuk mengenal konsep mengenai esai secara umum, mengetahui cara maupun tahapan dalam membuat esai oleh Erna Fitriana. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peran esai beasiswa dalam melakukan apply beasiswa, cara-cara yang baik serta tips dalam membuat esai beasiswa oleh Sariyatul Ilyana, S.Pd. Dengan diadakannya PPKTI #2 ini, diharapkan peserta khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dapat memiliki gambaran mengenai konsep esai yang biasanya digunakan untuk perlombaan, beasiswa, dan lainnya.



Selain pelatihan ini, UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY juga memfasilitasi teman-teman mahasiswa FE UNY untuk mulai mencoba menghasilkan karya tulis berupa esai, melalui Lomba Menulis Esai dengan tema “Apa Kontribusimu untuk Indonesia?” yang dimulai sejak tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2017. Dengan ini, diharapkan mahasiswa FE UNY semakin termotivasi untuk menghasilkan karya tulis ilmiah baik berupa esai ataupun karya tulis yang lainnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-