Selasa, 16 Februari 2016

Berorganisasi untuk Berprestasi

"Berorganisasi memunculkan teman. Berteman melahirkan pergaulan. Pergaulan membawa pada dinamika dan dinamika membawa kepada kematangan hidup sebagai seorang pembelajar. Maka, motivasi berprestasi lahir dari keaktifan kita berorganisasi. “

            Organisasi mahasiswa berperan besar dalam membangun budaya dan atmosfer prestatif didalam kampus melalui kebijakan dan program kerja yang dilakukannya. Organisasi harus menjadi wadah pembelajaran sekaligus wadah pendidikan, bagi setiap mahasiswa. Sama seperti halnya, UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY merupakan suatu organisasi yang bercita-cita menjadi wadah bagi pengurus dan seluruh mahasiswa FE UNY untuk mengembangkan potensi dan berprestasi khususnya di bidang penelitian dan penalaran.
            Terdapat berbagai program kegiatan pengembangan potensi baik penulisan maupun penalaran, yang diselengggarakan oleh UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY. Salah satunya yaitu bertujuan untuk membekali dan mengembangkan potensi serta prestasi pengurus UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY khususnya di bidang penelitian dan penalaran, melalui kegiatan yang dinamakan Kristal Development Program (KDP). KDP menjadi sarana untuk membekali pengurus khususnya pengurus baru UKMF Penelitian KRISTAL dalam bidang kepenulisan dan penelitian agar nantinya mampu berkontribusi menghasilkan karya dan mengembangkan prestasinya.
            Kristal Development Program (KDP) dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Februari 2016 diruang Ramah Tamah FE UNY. Bentuk kegiatan acara ini berupa pembekalan materi tentang kepenulisan dan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan outbond  sekaligus bedah pamflet. Pembekalan materi disampaikan oleh 4 pembicara yaitu Titik Ulfatun, S.Pd. yang menyampaikan materi tentang penelitian, Dian Friantoro, S.E., menyampaikan materi tentang esai, Shilvina Widi Irsanti menyampaikan materi tentang KTI dan Sekar Latri menyampaikan materi tentang PKM. Pembicara tersebut adalah DPO dan PI dari UKMF Penelitian KRISTAL yang telah menjulang banyak prestasi dalam bidang penulisan dan penelitian. Pembekalan materi tersebut, mampu dijadikan bekal baru pengurus  mengenai penulisan dan penelitian. Setelah pembekalan materi kemudian dilanjutkan dengan outbond yang dilakukan di sekitar lingkungan Fakultas Ekonomi UNY. Outbond ini merupakan kegiatan untuk meng-eksplore gagasan dari permasalahan yang ada disekitar lingkungan serta memunculkan suatu ide-ide kreatif yang nantinya akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Acara tersebut kemudian ditutup dengan bedah pamflet perlombaan kepenulisan yang disampaikan oleh Departemen Forum Mahasiswa Ilmiah (FORMASI) UKMF Penelitian KRISTAL. Melalui kegiatan ini diharapkan pengurus UKMF Penelitian KRISTAL mendapatkan bekal, lebih termotivasi dan berminat dalam berkarya, serta mampu berprestasi di bidang penelitian dan penalaran.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Anda Pengunjung Ke-